Oral Sex Bisa Menyebabkan Kanker Lidah

Oral Sex Bisa Menyebabkan Kanker Lidah – Resiko sex berkaitan dengan mulut dalam menyebarkan penyakit menyebar seksual seperti sipilis serta HIV memanglah lebih rendah. Namun masih tetap saja, sex berkaitan dengan mulut tidak seaman yang dipikirkan sebab nyatanya dapat menyebabkan kanker lidah serta mulut.

Bagaimana dapat?

Sex berkaitan dengan mulut rupanya jadi satu diantara pintu masuknya human papiloma virus (HPV). National Health Service di Inggris menyebutkan, 90 % orang yang aktif dengan seksual juga akan terkena HPV dari beragam strain. Ada beberapa puluh strain atau type HPV yang saat ini sudah di ketahui.

HPV yang masuk biasanya dapat hilang sendiri dari badan dalam kurun saat 2 th.. Tetapi, pada 2-3 % individu, HPV dapat tetaplah tinggal di badan, menginfeksi sel skuamosa, serta pada akhirnya menyebabkan mutasi sel yang ujungnya yaitu kanker

Kaitan HPV dengan kanker mulut, lidah, serta tenggorokan dapat dibuktikan lewat beberapa puluh riset. Penjelasan di jurnal JAMA Oncology pada 2017 adalah satu diantara publikasi yang mengulasnya, menyebutkan kalau kanker berkaitan dengan mulut serta lidah dipicu oleh type HPV 16.

Nyaris semuanya masalah infeksi HPV yang berada di mulut dikarenakan oleh sex berkaitan dengan mulut. Resiko terinfeksi HPV serta terserang kanker mulut, lidah, serta tenggorokan semakin lebih besar bila selalu bertukar-ganti pasangan dalam hubungan sex.

Lalu, bagaimana menghindarnya?

Pasti, bukanlah bermakna sex berkaitan dengan mulut dilarang. Rajiv Sani dalam publikasinya di Journal of Pharmacy & Bioallied Sciences th. 2011 menyebutkan, ” Pada umumnya, pemakaian penghambat tidak tebal waktu sex berkaitan dengan mulut dapat kurangi resiko penyebaran HPV serta infeksi menyebar seksual yang lain. “

Penghambat dapat berbentuk kondom. Disini, kondom berperan kurangi resiko kontak mulut dengan alat kelamin serta cairan yang dikeluarkannya. Langkah beda yaitu meyakinkan tidak mempunyai luka mulut, sariawan, serta gusi berdarah waktu lakukan sex berkaitan dengan mulut.

Vaksin HPV akan menolong. Walau mesti membayar agak mahal, siapa juga butuh mengupayakannya untuk meminimalisir resiko kanker. Ingat, kanker mulut, lidah, serta tenggorokan dapat menerpa siapa juga tanpa ada pandang bulu.

Statistik sekarang ini tunjukkan, masalah kanker mulut, lidah, serta tenggorokan yang berkaitan HPV 2 x semakin besar pada pria dari pada wanita. Pasien pria paling umum yaitu pada heteroseksual berusia 40-50-an. Pada pria homoseksual, masalah lebih rendah.

Categorized: kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>